Headline News

header-int

Hari Kebangkitan Nasional

Senin, 20 Mei 2019, 19:14:20 WIB - 120 | DG

Hari ini, Senin (20/5/2019), merupakan salah satu hari bersejarah dalam pergerakan pemuda di Tanah Air. Hari Kebangkitan Nasional adalah hari dimana Rasa dan Semangat Persatuan, Kesatuan, dan Nasionalisme serta kesadaran bangkit untuk memperjuangkan kemerdekaan Negara kita Republik Indonesia, yang dulunya tidak pernah muncul selama penjajahan oleh Belanda dan Jepang.

Hari kebangkitan nasional diperingati karena kita merupakan bangsa yang besar dan kita tidak melupakan sejarah,dan kita selalu bercermin pada sejarah,dan pada hari kebangkitan nasional kita akan mendapat banyak pelajaran yang berharga. Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) memiliki makna, arti dan sejarah yang menggambarkan perjuangan bangsa dalam meraih dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Sejarah Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada 20 Mei tiap tahunnya, memeringati berdirinya organisasi Boedi Oetomo. Hari Kebangkitan Nasional pertama kali diperingati pada era pemerintahan Presiden Soekarno di Yogyakarta pada tahun 1948.

Hari kebangkitan nasional perlu dimaknai sebagai bentuk pembenahan diri bagi generasi muda agar dapat menghadapi era globalisasi saat ini seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, dengan cara bangkit dari keterpurukan dan menyongsong masa depan dengan memperbaiki, meningkatkan atau mempertahankan prestasi yang sudah ada. Dengan demikian maka akan mengurangi angka kemiskinan, pengangguran, serta mewujudkan kehidupan berbangsa dan bernegara yang damai, sejahtera, dan tentunya berkualitas.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah Informasi guna Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan Peduli Sehat, Mandiri, Berkualitas dan Berkeadilan
© 2020 Kecamatan IV Jurai. Follow Me : Facebook Youtube